Bing.com apakah valid?

Minggu lalu iseng mainan ke bing dan memasukkan berbagai macam keywords, salah satunya adalah “telkomsel”, namun yang ditemukan beberapa kejanggalan, seperti:

  1. Hasil organic search terhadap keyword “telkomsel” menunjukkan dan mengarahkan ke website yang benar yaitu http://www.telkomsel.com, namun jika dilihat di bawahnya terdapat direktories/URL yang menjadi bagian website tersebut, dan semuanya sudah tidak valid lagi. Memang dulu sebelum dilakukan revamping website Telkomsel, seluruh direktories/URL yang tersebut di atas masih valid, tapi apakah mereka hanya meng index setahun sekali ya? :p. Berbeda dengan google, waktu pertama revamp, url2 yang lama berangsur2 hilang dari halaman search mereka.
  2. Lihat lebih detil gambar di atas bagian sponsored links, ada dua iklan diatas, yaitu Perdana Flash Unlimited untuk iPad dan simPATI Freedom- Ngobrol Tanpa Batas. Jika kita klik pada sponsored link tersebut, tidak terdapat masalah, dari halaman bing langsung mengarah ke content yang benar, namun yang aneh adalah url di samping tulisan judul. Disana terlihat jelas bahwa untuk Flash unlimited terdapat tulisan flashunlimited.com/iPad dan untuk simPATI Freedom terdapat tulisan simpatifreedom.com. Lalu masalahnya apa? masalahnya ketika saya iseng ketik kedua url yang telah disebutkan, ternyata tidak ada isi apa-apa? Seharusnya jika ada orang yang lari ke sana di redirect ke content sesungguhnya. Saya confirmed dengan orang yang masang, ternyata mereka tidak pernah mensuggest untuk memasang domain2 tersebut? lalu darimanakah datangnya?

Melihat kasus nomor 2, IMHO url yang tertulis disana bukanlah seperti itu, jika memang kepanjangan, akankah lebih baik jika URL yang dipasang disana minimal nama domainnya (dalam kasus ini contohnya www.telkomsel.com). Memang secara behaviour orang (dalam hal ini saya)  cenderung tidak melihat/menghapal url yang ada di sana. Tapi apakah semuanya berfikiran sama? Bagaimana jika ada yang baca dan mengingatnya?

Melihat dari 2 kasus seperti di atas, saya agak bingung sekarang, banyak article yang menyatakan kurang lebih search menggunakan bing lebih oke dibandingkan dengan Google search, namun berdasarkan hasil iseng2 saya, jadi ragu, apakah benar Bing.com ini lebih oke?

Tapi ada yang cukup unik dengan bing ini, menurut informan (:P) sponsored link tadi itu ditujukan untuk Yahoo! search, dan mengingat Yahoo! menggunakan engine-nya si Bing.com wajar aja kalau sponsored link itu bisa masuk kesana. Berarti si Yahoo! Search ini benar2 ganti kulit dari bing.com :D.

2 thoughts on “Bing.com apakah valid?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *