Content Provider (CP) si Bisnis Kreatif

… ANDA LAHIR SELASA KLIWON, ANDA TIDAK COCOK KERJA DI AIR. Untuk mengetahui primbon anda, silahkan Ketik PRIMBON kirim ke ….

Kurang lebih seperti itulah isi dari sebuah TVC dari salah satu perusahaan Content Provider di Indonesia. Menurut pengilhatan saya, layanan ini sangatlah laris, sehingga banyak sekali sekarang muncul layanan serupa dari berbagai Conten Provider yang isinya mirip-mirip dengan content primbon tersebut.

Jika diliat dari contoh di atas, terliahatlah bahwa sebenernya jawaban dari primbon yang kita registrasikan tersebut sudah ada dan tidak akan mungkin berkembang (statis). Karena content tersebut sifatnya statis jadi Content Provider tinggal memasukkan datanya saja ke sebuah database yang menjadi sebuah lookup. Para pelanggan yang meregistrasikan nomornya akan mendapatkan jawaban dari sebuah tabel lookup itu tadi.

Melihat ilustrasi di atas, sepertinya mudah untuk membuat content tersebut, tapi apakah kita sempat terpikir untuk membuatnya. Orang-orang content provider menemukannya, mereka sangat kreatif sampai terpikir bahwa layanan seperti ini disukai orang Indonesia. Sebuah content provider tanpa ide yang kreatif adalah NOL besar. Menjadi Content Provider sebenarnya susah-susah gampang. Mereka harus selalu mencari ide baru untuk membuat sebuah content yang laris di pasaran Indonesia.

Saya jadi ingat lagi sebuah layanan baru tentang cinta sejati, disana dibilang kita tinggal memasukkan nama kita dan pasangan kita, lalu akan muncul sebuah angka tingkat kejodohan kita dan pasangan. Jika melihat ini, saya ingat permainan saya waktu SD, tentang permainan TRUE LOVE. Siapa yang terpikir bahwa layanan seperti ini laku di pasaran Indonesia???

7 thoughts on “Content Provider (CP) si Bisnis Kreatif

  1. nuri

    1. iming2 hadiah gede (untuk kuwis n sejenisnya)
    2. pamer paha, belahan dada ma tampang host nya (siaran tipi tengah malam)
    3. yang ikutan lebih garing lagi…

    😀

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *