5 Langkah Menambah Pengemar Pada Facebook Page

Menggunakan Facebook Page sebagai salah satu media untuk berpromosi sudah menjadi rahasia umum saat ini. Terkadang kita sering bingung bagaimana caranya untuk mempromosikan Facebook Page tersebut, berikut ini saya coba buatkan 5 langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menambah penggemar pada facebook page:

  1. Lakukan “Suggest to Friend”: Dalam Facebook Page terdapat fitur yang disebut dengan Suggest to Friend. Letaknya ada dibawah gambar profile sebelah kiri. Suggest to Friend ini bisa dilakukan kapan saja, terutama untuk melakukan insiasi penggemar. Siapakah orang yang akan kita suggest ini? jawabannya adalah siapa saja, tapi akan sangat lebih baik jika yang di suggest sesuai dengan target orang yang akan dikunjungi. Selain kita yang melakukan suggest, akan sangat baik kita melakukan pendekatan sosial kepada teman-teman kita untuk turut membantu kita dalam men-suggest Facebok Page ini kepada network mereka masing-masing.
  2. Update content secara berkala: Ketika kita sudah punya sedikit penggemar pada page kita, maka kita harus sering mengupdate content secara berkala. Content apa saja boleh diupload, tapi kalau saya lebih mudah dan rasanya juga lebih bagus responsenya adalah update status. Tujuan dari update content secara berkala ini adalah supaya orang bisa berinteraksi dengan page yang kita buat, dan juga akan terjadi viral didalamnya, karena log activity commenting orang tersebut akan keluar pada halaman profilenya.
  3. Gunakan Vanity URL: Jika kita sudah punya basis penggemar yang cukup gede, kini saatnya membuat vanity URL. Vanity url adalah alias pada alamat webnya. Misalnya: http://www.facebook.com/simPATI.Tsel. Untuk membuat vanity url ini, silahkan kunjungi halaman ini. Dengan adanya vanity url ini, akan memudahkan kita mengkomunikasikan page ini kepada orang-orang daripada harus menjelaskan dengan cara menggunakan fasilitas search.
  4. Broadcast SMS: Jika sudah punya vanity url, akan lebih mudah lagi untuk membuat komunikasi ke target audience-nya. Nah salah satu metode komunikasi yang sering saya lakukan adalah SMS. Mungkin karena saya bekerja di perusahaan telekomunikasi, jadinya SMS broadcast adalah suatu hal yang biasa dilakukan. Tapi tenang saja, apabila memang kita ingin benar-benar mempromosi, kita bisa melakukan broadcast ke orang-orang yg terdapat pada phone book kita sendiri, atau kalau memang punya duit lebih, datang ke CP, beli data dan juga beli SMS Bulk.
  5. Lakukan Aktivitas Offline: Kopdar atau events bisa juga dilakukan untuk mempromosikan page ini. Tapi kalau mau melakukan ini akan lebih baik ada materi pendukung lainnya, seperti brochure, umbul-umbul, poster dan materi promosi lainnya. Mungkin materi promosi tersebut biasanya kita gunakan untuk mempromosikan kegiatannya, tapi kalau memang tujuannya adalah mempromosikan page, lebih baik juga dimasukkan informasi tentang page ini sedikit.

Mungkin itu sedikit langkah-langkah yang saya biasa lakukan untuk mempromosikan page, sejauh ini sih metode yang saya ketahui ini cukup effektif. Mungkin jika ada metode baru yang belum saya ketahui, saya sangat berterima kasih jika kita bisa saling bertukar pikiran disini.

2 thoughts on “5 Langkah Menambah Pengemar Pada Facebook Page

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *