Mari Belajar dari Facebook Quiz

Belakangan ini facebook quiz sangatlah marak, setiap hari ada saja orang yang mengikuti quiz yang terkadang kurang penting itu. Saya menjadi tertarik untuk mengulasnya sedikit di sini.

Ada beberapa hal yang menurut saya dapat kita pelajari dari yang namanya quiz ini, antara lain adalah:

  • User generated. Mungkin kita ingat dengan facebook itu sendiri, apa yang membuat facebook itu terkenal adalah karena content-nya. Ya content tersebut setiap hari terus bertambah, dan itu bukan hanya semata dibuat oleh si pembuat tetapi kita sebagai users bisa juga meng-generate content tersebut. Begitu pula dengan quiz, dengan bisa dibuatnya quiz ini, maka banyak sekali muncul quiz-quiz yang menurut saya customized sekali. User generated ini sangatlah powerful, lihat saja website-website seperti youtube, flickr, apa yang membuat mereka tetap eksis adalah user yang terus datang untuk meng-generate content dari website tersebut.
  • Quiz itu unique.  Terkadang kita menemukan quiz yang sangat-sangat tidak penting, tapi ntah mengapa orang banyak sekali yang mengikuti quiz tersebut. Mungkin kita tidak sadar, bahwa keunikan dari quiz tersebut lah yang membuat orang ingin mencoba quiz tersebut. Bayangkan jika kita punya produk yang unique, rasanya bisa jadi produk kita akan bernasib sangat baik seperti quiz facebook ini. Lihatlah quiz dibawah, dan rasakan keunikan yang ada dalam quiz tersebut.

quiz1

  • Quiz itu media. Tidak tahu perusahaan terkait atau ntah pelanggan setianya yang membuat quiz bertipe seperti ini, yang jelas jika saya meng-klik quiz ini hanyalah semata-mata untuk mengetahui kedekatan emotional saya dengan salah satu produk dari perusahaan tersebut. Dengan kata lain quiz ini bisa menjadi sebuah media untuk emotional branding. Salah satu contoh quiz yang bertipe seperti ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

quiz2

15 thoughts on “Mari Belajar dari Facebook Quiz

  1. mas stein

    sedikit saran dari orang awam macem saya mas, sampeyan tambahi keterangan lagi di artikel, mungkin semacam kesimpulan, yang kita pelajari di sini berguna untuk apa, bisa diterapkan di mana.

    mungkin buat sampeyan dan yang sudah biasa berkecimpung di dunia pemasaran (bener pemasaran mas?) bisa ngerti dengan uraian sesingkat ini, tapi saya blom mudheng mas…

    Reply
  2. podelz

    @cK: daripada banci beneran 😛

    @Richard Fang: Yoi…

    @dita_disini: yang jelas kalo gak niat juga tak hide 😀

    @Mas stain: hmm oke mas… saya akan mencoba mem-providenya *sambil berpikir keras*

    @annosmile: sama… 😀

    Reply
  3. ariawan

    quiz itu nyebelin…:p lebih tepatnya hasil quiznya yang nyebelin.. ke-publish dimana mana.. zzzzzz

    mungkin abis ini akan coba menikmati quiz quiz facebook deh…

    Reply
  4. Sari

    Saya juga hobi ikutan kuis..
    Kalo hasilnya bagus, ‘publish’nya diklik..
    Kalo berpotensi mencemarkan nama baik, langsung skiiiiip :mrgreen:

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *