Google Android di HTC Touch Dual

Sejak dilunjurkannya tahun lalu, Android, OS (Operating System) handphone yang diusung oleh Raksasa Google, belum juga masuk ke Indonesia. Tidak hanya OS yang diperuntukan oleh handphone, Android kini juga dikembangkan untuk beberapa net book.  Pertumbuhan OS berbasis linux ini di prediksi akan naik sebesar 900% pada tahun 2009, hal ini rasanya wajar bisa naik begitu dahsyat karena OS ini sudah mulai ber ekspansi ke beberapa negara, termasuk di Indonesia, yang akan diluncurkan dalam tahun ini.

Kenapa Android ini bisa langsung diperhitungkan di market, hal ini tidak lain karena dibawa oleh Google dan juga kekuatannya sendiri yang open source dimana orang bisa berpartisipasi untuk mengembangkan applikasi OS ini. Dengan menggunakan system open source seperti ini, orang-orang semua akan berlomba-lomba untuk membuat applikasi dalam OS ini. Hal ini juga di trigger oleh Google dengan cara membuat sebuah kompetisi berhadiah untuk para developer.

Yah karena menunggu lama dan belum tau harganya berapa akan di jual di Indonesia (berharap tidak semahal iPhone 3G dari Apple), maka saya mencoba mencari-cari tau apakah Android ini bisa di install di handphone HTC Touch Dual. Akhirnya saya menemukannya di sini, dan langsung saja saya download serta mencobanya di handphone saya. Sebenarnya saya sudah mencoba ini sudah cukup lama, dan sudah berhasil, tapi sayang fungsi utama teleponnya tidak jalan.

Disini dibilang, bahwa untuk menginstall Android ini diperlukan radios 1.71.09.01. Untuk mendapatkan radios itu harus di oprek lebih lanjut menggunakan software tidak resmi dari htc, dan karena saya pengoprek yang sedikit penakut 😛 (takut kalo rusak, mana punya handphone lagi), saya tidak berani mengupadate radios nya dengan menggunakan software tidak resmi, namun saya mengupdate handphone saya dengan OS Windows Mobile 6.1 dan radios 1.65.29.22, dan Android pun dapat berjalan dengan lancar.

android_blog

Saya pun menggunakannya, berikut ini sangat sedikit pengalaman saya (tidak bisa banyak karena banyak fitur yg belum jalan, namanya juga OS oprekan :P).

  1. Dari sisi sentuhan (touch) ke layar, OS ini menurut saya sangat enak, karena sedikit lembut dan cenderung seperti sentuhan di iPhone yang sensitive dan tidak seperti Windows Mobile 6.1 yang agak sedikit menekan ke layarnya.
  2. Browser yang digunakan sangat enak dan terasa agak kencang (atau ini hanya sugesti?). System multi window (atau lebih sering dikenal tab) pada browser sangat memudahkan jika ingin browsing ke internet dalam jumlah yang banyak. Selain itu browsernya sudah support untuk layout seperti browser di PC atau notebook.
  3. Namanya juga OS dari Google, di dalam OS ini sangat mensupport sekali layanan-layanan dari google, seperti gmail, calendar, gtalk. Apakah ini bisa nyaingin blackberry yah? Tapi sayang saya tidak bisa review banyak-banyak karena bagian yang ini belum bisa berfungsi di handphone saya.

Nah kan diatas saya bilang mungkin Android akan diluncurkan tahun ini, dan tebakan saya adalah melalui htc. Menurut kalian berapa sih harga yang pantas untuk handphone Android ini dijual di Indonesia? misalnya saja untuk HTC magic.

14 thoughts on “Google Android di HTC Touch Dual

  1. Pingback: Lost in Marketing » Blog Archive » Indosat Android

  2. Pingback: Lost in Marketing » Blog Archive » Acer E Liquid, Another Android Device

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *