Iklan XL Monyet

Bukan bermaksud untuk menyudutkan, tapi yah saya punya pertanyaan dari dulu tentang XL yang menyertakan monyet sebagai talent buat iklan mereka.

Kenapa mereka menggunakan Monyet sebagai iklan? Padahal dulu mereka pernah kena sentil akibat talent mereka yang ingin menikah sama monyet. Padahal masih banyak manusia-manusia yang membutuhkan pekerjaan. Mereka bisa hire siapa aja, seperti Axis yang meng-hire anak kecil yang tidak terkenal sama sekali, tapi makna iklannya sangat dalam.

Dari sisi content, mereka benar-benar seperti merendahkan dan menyamakan manusia dengan monyet. Dari iklan terakhinya saja yang mengikutkan kembali Luna Maya, sepertinya itu hanya meresponse jawaban negatif dari masyarakat tentang iklan mereka. Luna Maya hanya sedikit sekali perannya disana dan terkesan alakadarnya saja. Dan iklan sebelumnya benar-benar menyedihkan buat saya, karena ada suatu perkataan dimana si monyet bilang “Kasian Manusia, mau nelepon saja kok susah”, itu berarti kelakuan kita sudah sama dengan monyet, karena monyet aja bisa ngejek kita, apa lagi sesama manusia.

Memang kalau dari sisi Top of Mind (TOM) maka pasti akan memiliki index yang tinggi, karena iklan ini memang sangatlah unik. Belum pernah ada iklan yang serupa di Indonesia. Tapi dari sisi kemanusiaan, jika saja XL meng-hire orang-orang di jalan, mereka bisa ikut membantu Indonesia dalam mengentaskan kemiskinan.

5 thoughts on “Iklan XL Monyet

  1. Deddy Huang

    IMHo, awal pertama kali “AXIS” buat iklan yang anak kecil cowok, saya udah bisa tebak kalo itu dari AXIS, karena AXIS udah punya trendmark dari logo warnanya ntuh.

    Sementara ya kalo XL trendmarknya khan Luna & Monyet.

    Mungkin, neh masalah positioning yang nyeleneh atau masalah kebiasaan orang yang kalo kesulitan nelepon/sms karena sinyal suka bilang monyet.. Jadi kalo inget monyet ya inget XL.

    Reply
  2. Betty

    ఏమైà°¨ా à°Ÿిà°ª్à°¸్ à°1°#3š42;à°ª్à°¤ాà&°ేà°®ోనని ఆత్à°°ంà°—ా à°¤ొంà°—ిà°šూà°¶ా :(à°¡ైà°Ÿింà°—్ à°šేà°¦్à°¦ామని à°°ెంà°¡ుà°°ోà°œుà°²ు à°ªుà°²్à°•ా à°¤ింà°Ÿే à°¨ాà°²ుà°—ు à°°ోà°œుà°²ు మళ్à°³ీ à°…à°¨్నమే à°¤ిà°¨ేà°¸్à°¤ుంà°Ÿా 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *