Krisis Moneter Dunia, Apakah sudah terjadi di Indonesia?

Tadi siang sekitar jam 10 pagi sampai jam 2 siang, saya bersama teman-teman kantor melakukan market scan di pusat perbelanjaan handphone di Roxy Mas Jakarta. Sampai disana semua tampak seperti biasa-biasa saja, sampai setelah setengah jam, kami baru sadar bahwa sekarang Roxy yang terakhir kali kami datangi begitu ramai, menjadi sepi.

Melanjutkan perjalanan, tiap lantai kami check satu per satu, ternyata ada beberapa agen voucher dan perdana tutup. Apakah krisis itu benar-benar telah sampai di negara kita? Selain voucher dan perdana, handset-handset baru juga sudah mulai tidak “sebanjir” dulu. Apa lagi nokia, ntah ini karena pengaruh Blackberry atau karena pengaruh krisis ekonomi.

Memang dari salah satu hasil survey internal dari lembaga survey independen mengatakan bahwa monthly expenditure akan diturunkan oleh masyarakat umum pada tahun ini. Dari survey tersebut, telekomunikasi salah satunya. Masyarakat akan mengurangi “jatah dompet” telekomunikasi yang selama ini mereka anggarkan.

Selain itu, pagi tadi saya membaca di salah satu media online yang mengatakan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI 2009 Bisa Turun Lagi, akibat dari proyeksi pertumbuhan dunia yang diturunkan 0.5%-1.5% oleh IMF. Kalau memang diturunkan, berarti pemerintahan yang setahun belakangan ini percaya diri bisa sukses ditengah krisis mulai akan menyesuaikan dengan keadaan ekonomi dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *