Langit Musik, Membuka Peluang Baru Untuk Industri Musik Indonesia

Mulai dari minggu lalu, twitter saya sering dijejali dengan #langitmusik. Apa itu Langit Musik? Langit musik adalah layanan toko musik digital untuk pelanggan Telkomsel. Dalam layanan ini Telkomsel bekerja dengan label & beberapa content provider untuk menyediakan lebih dari 10ribu lagu dalam negeri dari berbagai aliran musik.

Mengingat pembajakan di negara ini yang semakin merajalela, maka layanan ini dapat berarti sebuah harapan baru bagi industri musik di Indonesia. Dengan harga Rp. 5,000 untuk mendownload selamanya, saya rasa harga ini tidak terlalu mahal, terbukti itunes aja menjual lagunya dengan kisaran (more or less) $1.

Dengan langit musik ini juga, semakin membuka peluang orang-orang untuk mendengarkan musik kapan saja dan dimana saja. Untuk memainkan lagu kita bisa menggunakan handphone kita masing-masing selama handphone tersebut mendukung OMA 1.0. Untuk membeli lagu, banyak alternatifnya seperti melalui website, wap, UMB *616# dan juga melalui SMS. Untuk FAQ dan manual lainnya mungkin bisa langsung aja ke websitenya.

Ada hal yang menarik lainnya dari layanan toko digital ini, yaitu cara pembayaran. System pembayaran portal ini sungguh sangat memudahkan. Salah satunya yaitu dengan memotong pulsa yang ada pada handphone kita. Dengan begitu kita tidak perlu lagi membawa uang kemana-mana untuk membeli suatu lagu.

Kekurangan dari toko ini adalah pada waktu softlaunch, websitenya berat banget dan juga lagunya hanya lagu-lagu Indonesia. Dan yang paling pokok bagi saya, kok gak bisa dimainkan di iPhone yah? 😀

Nah mengingat yang mengeluarkannya adalah operator terbesar di Indonesia, harusnya portal ini bisa sukses. Promosi yang dilakukan juga gila-gilan, selain melakukan softlaunch juga melakukan konser besar-besaran dengan beberapa artis dan itu semua gratis yang akan dilakukan tanggal 30 besok. Dan rencananya tanggal 12 Februari nanti portal ini juga akan melakukan event lagi.

Apakah toko ini bisa seberhasil NSP 1212, semuanya tergantung pelanggan di Indonesia? mari kita tunggu & ayo berantas pembajakan di Indonesia.

4 thoughts on “Langit Musik, Membuka Peluang Baru Untuk Industri Musik Indonesia

  1. jivatrosidi

    mau numpang ya!
    kalo menurut saya nih, langit musik punya kesempatan besar buat sebooming NSP 1212
    pasalnya selain kasih harga yang murah untuk penjualan perlagunya, jualnya juga single 🙂

    jadi buat penggiat-penggiat radio kampus kayak saya, yang duitnya cemen, tapi maunya yang kualitas T.O.P, yaaaa… ini bisa jadi satu kesempatan buat dapet lagu asli!, secara kalau diitung2 mau beli satu cd dari 1 artis, toh gak semuanya bisa sesuai sama selera pendengar 🙂
    thought, there’s compilation album, toh gak semuanya bagus..
    jadi yaaa…
    saya pikir sih oke banget nih 🙂

    Reply
  2. Pingback: Lost in Marketing » Blog Archive » 2010 New Day, New Hope For Indonesian Music

  3. Abak

    setidaknya ini memberikan ruang untuk menghargai karya cipta… biar bayar dikit yang penting gak bajak… kalo bisa gratis… hihihi…

    Reply
  4. rain

    hargai karya musik anak bangsa dengan membeli yang asli, apalagi harga sudah murah dgn format digital, kalau masih pakai yg non-digital ya belilah cd/kaset aslinya….jangan pakai yang bajakan!!!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *