Loyalty Program

Loyalty programs adalah program yang digunakan oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk meningkatkan ke-loyal-an dari pelanggan mereka. Bentuk loyalitas ini bisa berupa pemberian reward kepada pelanggan dengan harapan bahwa pelanggan tersebut akan meningkatkan loyalitas mereka.

Salah satu program layalitas ini adalah TEKOMSEL Poin. Program ini dibuat oleh operator merah untuk pelanggan mereka yang berupa sebuah undian berhadiah. Sebenarnya bukan hanya TELKOMSEL saja yang mengeluarkan program seperti ini, namun kompetitor-kompetitornya dan perusahaan-perusahaan lain juga mengeluarkan program-program loyaltas yang serupa atau program loyalitas yang lain.

Memang program-program berupa undian seperti di atas, jika benar-benar tepat sasaran, maka bisa jadi pelanggan akan semakin mencintai produk dari perusahaan yang mengeluarkan program tersebut. Namun dengan maraknya program-program loyalitas yang mengumbar sebuah hadiah yang sangat menggiurkan, membuat orang-orang yang berprofesi sebagai penipu tidak tinggal diam. Mereka benar-benar memanfaatkan momen ini untuk menipu pelanggan-pelanggan dari perusahaan yang membuat program tersebut. Jika pelanggan yang menganggap bahwa penipu tersebut benar-benar dari perusahaan yang mengeluarkan program maka dia merasa ditipu oleh perusahaan tersebut, dan image perusahaan tersebut akan menurun di mata pelanggan.

Kasus penipuan ini juga membuat perusahaan yang membuat program harus terus berupaya meyakinkan pelanggan mereka bahwa program yang mereka buat itu benar-benar resmi dan tidak menipu, dan juga mengingatkan pelanggan agar bisa bersikap hati-hati jika ada penipu yang mencoba mempengaruhi mereka. Pertanyaannya apakah pelanggan benar-benar bisa percaya kembali tentang program-program seperti ini setelah adanya kasus-kasus penipuan?

Baru-baru ini ada satu orang lagi yang tertipu. Jika saya cari di internet dengan menggunakan keyword “undian penipuan” ada banyak blog atau website yang telah mempermasalahkan ini. Selain mempermasalahkan mereka juga mengingatkan kepada pelanggan untuk lebih berhati-hati agar tidak mudah tertipu dengan orang-orang yang memanfaatkan program tersebut.

Penipuan semakin marak, dan sudah memakan korban, apakah penegak hukum di negara kita mau benar-benar menuntaskan kasus ini sampai ke akar-akarnya?

4 thoughts on “Loyalty Program

  1. mas stein

    dulu pakdhe saya pernah dapet sms seperti itu juga, herannya nama pengirimnya indosat, sampeyan tau kan hape nokia yang jadul itu di paling atas kan ada identitas pengirim. tapi dikonfirmasi ke indosat katanya bukan, kok aneh ya? ada yang bilang itu ngirimnya dari internet, gak ngerti saya.

    Reply
  2. Pingback: Lost in Marketing » Blog Archive » Menang Undian 11 Tahun Bersama Carrefour

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *