Menganalisa Traffic Website Dengan Google Analytics

Seringkali kita bingung bagaimana untuk mengetahui jumlah pengunjung (traffic) yang datang ke website kita. Sebenarnya jika kita searching di internet, sudah banyak tools untuk melihat traffic website kita atau bahkan tools tersebut bisa menganalisa lebih lanjut, tidak hanya sebatas jumlah traffic-nya saja. Traffic ini sangat penting sekali dalam mengamati perkembangan website anda sekalian. Ingat, untuk menjadikan website anda sebagai tools Online Marketing yang powerfull, traffic ini bisa menjadikan value added tersendiri.

Salah satu tools yang sering saya pake adalah Google Analytics. Sesuai dengan namanya, Google Analytics adalah produk buatan yang perusahaan Google yang berfungsi untuk menganalisa website, termasuk traffic didalamnya. Tools ini gratis! dan cara konfigurasi-nya pun mudah.

Berikut ini saya tampilkan contoh gambar traffic dari salah satu blog saya yang lain dengan menggunakan Google Analytics:

Traffic

Dari gambar diatas dapat kita ketahui bahwa traffic website saya stabil pada minggu ke-2 dan ke-3 Desember 2008, minggu ke-4 agak sedikit mengalami penurunan, ini mungkin disebabkan karena long holiday dan para pengguna internet. Mereka banyak yang berlibur dan meninggalkan internet. Jikalaupun mengakses internet, mereka menggunakan internet mobile (hand phone), dan website yang saya pasang ini belum mendukung versi mobile.

Dari gambar diatas, dapat kita lihat bahwa tools ini dapat menganalisa tentang jumlah pengunjung, jumlah orang yang mengakses halaman tertentu, dan rata-rata pengguna berhenti pada website tersebut. Jumlah pengunjung akan ditampikan pada sisi kiri dan kanan, dan juga akan muncul saat pointer mouse kita berhenti pada titik dari grafik tersebut.

Di gambar tersebut kita juga melihat grafik-nya tidak rata (naik-turun). Berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya, traffic diatas mengalami kenaikan disebabkan karena saya memproduksi content baru, untuk kenaikan yang cukup signifikan, hal tersebut disebabkan karena saya mempromosikan bahwa website saya telah memproduksi content baru. Dari sini kita dapat pelajaran bahwa website bisa berkembang jika tetap hidup (adanya content baru) serta juga adanya promosi tentang website tersebut.

One thought on “Menganalisa Traffic Website Dengan Google Analytics

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *