Modal Darurat Dengan Kartu Kredit

Membaca postingan teman saya tentang Kartu Kredit, jadi terbesit ide untuk membahasnya. Kartu Kredit atau saya lebih suka memanggilnya dengan Kartu Hutang adalah salah satu jenis alat pembayaran tanpa harus membawa uang yang banyak tetapi cukup membawa satu kartu. Apabila kita pakai dengan menggunakan kartu ini, maka uang kita tidak akan langsung dikurangi, melainkan akan ditagihkan pada bulan berikutnya.

Dewasa ini untuk mendapatkan kartu ini kita harus mengisi form applikasi, menyerahkan fotocopy KTP, dan bagi yang bekerja harus menyertakan surat keterangan kerja atau slip gaji terakhir sebagai validasi. Setelah mengisi tersebut, pihak bank selaku institusi yang mengeluarkan kartu tersebut akan melakukan survey terhadap diri kita apakah layak atau tidak untuk mendapatkannya. Setelah dapat kita butuh untuk mengakifkannya.

Nah jika sudah aktif kita bisa menggunakan kartu ini untuk ngutang dimana-mana. Saat ini kartu kredit mudah sekali didapatkan, hampir di setiap mall pasti ada orang/agen yang menawarkan kita agar kita mau meng-apply kartu kredit. Dengan mudah didapatkannya, beberapa orang memanfaatkan kartu ini sebagai modal ringan. Apabila para pencari modal itu harus mencarinya di-bank dengan cara resmi, pasti akan membutuhkan lebih banyak persayaratan lagi (detailnya saya kurang paham, tapi dari cerita pacar saya yang bekerja sebagai AO, banyak banget syaratnya) dan belum tentu disetujui juga.

Memang modal yang didapatkan bukanlah modal besar. Tapi untuk orang-orang retailer seperti warung, outlet, atau kios-kios yang butuh uang untuk belanja setiap bulan ini akan memberikan keuntungan. Mereka bisa membeli barang, dan dijual pada bulan itu, hasil penjualan dibayarkan ke tagihan kartu kredit. Selain itu juga terkadang ada beberapa kartu kredit yang memberikan benefit misalnya diskon di merchant-merchant tertentu, atau benefits lainnya. Apabila merchant tersebut adalah tempat pemilik usaha untuk berbelanja, wah sudah dapet modal, dapet untung diskon lagi.

11 thoughts on “Modal Darurat Dengan Kartu Kredit

  1. Devi Girsang

    Saya juga pernah mikir kayak gtu. Tapi pada kenyataannya, keuntungan blm tentu balik krn kenyataan dgn prediksi ga selalu sama, yg ada malah tagihan kartu kredit membengkak hahaha..

    Reply
  2. ariawan

    Kalo utangnya dah kebanyakan kan bahaya del…
    misalnya gak langsung dilunasi satu bulan…
    nah.. bunga bulan depan akan dihitung dari sisa utang + bunga bulan itu.. bunga yang dibungain..
    kalo utangnya udah 10juta? sebulannya 3%? kwawawawaw.. mampus deh… :p

    Reply
  3. podelz Post author

    haha.. iya juga sih bener kata kalian semua… Tapi kan balik ke judulnya Modal Darurat, jadi yah kalo darurat, minjem duit bank gak lulus-lulus jadinya pake kartu kredit. hahahhaha….

    Reply
  4. Rita

    saya juga memiliki kartu tambaha dan sudah menikmati benevit yg ditawarkan walaupun suka repot krn ngentengin jadinya suka kerepotan juga bayarnya 😀

    Reply
  5. soyjoy76

    Say No to Credit Card… wakakaka..jeritan hati penderita ketergantungan kartu kredit akut:-)

    Justru kemudahan2 dan fasilitas yang ditawarkan itu adalah jebakannya Bro… Ibaratnya, waktu nawar2in kartu kredit si mbak nya akan pasang senyum termanis ke kamu, tapi begitu suatu saat telat bayar (karna berbagai alasan), gualaknya minta ampun…

    It’s there for you to choose. Makasih dah mampir ke Blog gue…

    Reply
  6. podelz

    @Rita: hati-hati loh jangan sampai terjebak dan terjadi ketergantungan 🙂
    @soyjoy76: iya makanya hati-hati, dan gunakanlah pada saat darurat. BTW sama-sama udah mampir juga ;).
    @co-that: hidup Q-Q

    Reply
  7. sri

    kalo bisa menggunakan dgn bijaksana gak ada masalah kok.justru menguntungkan.coba pikir… hari gini ngutang sama orang 5jt siapa yg mau ngasih?utang sm orang biar pakai bunga dan jaminan blm tentu di kasih.tul gak? he…he….he

    Reply
  8. sri

    sipa yg setuju dgn pendapatku.DAN BAGI YG KESULITAN MEMBUAT KARTU KREDIT ATAU SELALU DI TOLAK,AKU BISA BANTU UNTUK KTA(KREDIT TANPA AGUNAN) JUGA BISA.DATA DI BANTU/HELP FULL.HUB:BU SRI TLP:021-92345290/081325643885/EMAIL bunda_sri74@yahoo.co.id

    Reply
  9. embah

    sebenarnya klo mengerti prinsip kartu kredit orang yg punya otak bisnis kartu kredit bisa dijadikan aset. knapa? krn kartu kredit lebih mudah didapat dari produk lainnya..
    pengalaman dari teman saya yg mempunyai KK 3 biji dng limit 10jtan…beliau seperti ATM berjalan…knapa? pada waktu belanja teman2 selalu meminta untuk menalangi belanja (tentu saja belanja di merchan2 yg KK na mendapat discount)…nah dari barang2 discaunt ini teman saya yg punya KK memanfaatkannya..teman2nya yg mo belanja barang pasti beliau tawarin utk menalanginya…dengan harap mendapat split dari harga discaountnya…klo dihitung2 lumayan kata beliau….

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *