Mystery Shopping

Kemarin siang saya jalan-jalan ke beberapa mall dan toko di daerah Jakarta Utara. Jalan-jalan itu dilakukan di jam kerja. WHAT??? ke mall pada jam kerja? emang kamu gak ada kerjaan del? Tenang-tenang, saya melakukan perjalanan dari mall ke mall adalah bagian dari pekerjaan? Pekerjaan apa sih yang sampai segitu enak-nya jalan-jalan ke mall?

Saya melakukan Mystery Shopping! Mystery Shopping adalah melakukan kunjungan terhadap toko-toko secara diam-diam untuk mengetahui kualitas produk atau service yang akan diberikan kepada pelanggan. Yang sering melakukan Mystery Shopping itu biasanya orang-orang dari bagian Market Research dalam suatu perusahaan. Toko-toko yang didatangi bukanlah semua toko (tanpa batas) tetapi toko dimana perusahaan menitipkan barangnya untuk di jual.

Sebelum berangkat, biasanya orang-orang yang akan melakukan Mystery Shopping ini telah diberikan items-items yang akan di check. Sehingga tujuan dari kunjungan itu jelas, apa saja yang harus dicari informasinya.

Yah ketika saya datang ke toko-toko yang telah ditentukan, yang harus saya hilangkan sesaat adalah identitas saya sebagai karyawan. Saya benar-benar seperti orang yang tidak tahu akan produk yang akan saya check dan juga saya berusaha meyakinkan sang penjual bahwa saya akan benar-benar membeli produk tersebut. Wah kalau gitu orang-orang yang biasa melakukan ini harusnya bisa dengan cepat menjadi artis, karena mereka harus selalu bersandiwara ke semua orang yang ada di toko itu. Ha ha ha…

9 thoughts on “Mystery Shopping

  1. edy

    *ngakak liat komen goen*

    btw, kadang mystery shopping juga dilakukan lewat telpon kan. nah itu yg kadang lebih menyebalkan 😆

    Reply
  2. podelz Post author

    @Goen: huakakkaka

    @Edy: aku blm pnh dapet yang melakukan mystery shopping, sharing dong critanya gimn.

    @afwan: wah artis? artis apa nih? :D:D, iya sepertinya begitu, untuk mengontrol kualitas pelayanan atau produk.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *