Peluang Bisnis: Mengembangkan Applikasi Mobile Buat Anak-Anak

Kemarin ke Makassar ikut mengawal FGD  yang dilakukan oleh salah satu lembaga research di Indonesia. FGD ini gunanya untuk menggali kebiasan anak-anak kecil menggunakan handphone. FGD ini hanya mini group yang terdiri dari 4 orang dimana semuanya adalah anak SD.

Dari sana saya melihat bahwa dunia benar-benar sudah berubah. Pada saat saya SD, maka mainan saya adalah layang-layang, kelereng dan mainan tradisional lainnya. Saat ini mainan anak-anak itu adalah seputaran alat elektronik semacam PS sampai dengan handphone.

Yah ada sisi postifnya buat pengembang applikasi mobile. Anak-anak SD ini sudah mengerti internet menggunakan handphone, walaupun untuk menyetingnya masih meminta bantuan orang terdekat yang mengerti. Mereka bahkan mengenal apa yang namanya Facebook ataupun Friendster. Dengan begini maka applikasi mobile baik yang client side ataupun melalui website akan semakin meningkat seiring dewasanya mereka.

Yah namanya juga anak-anak, mereka bilang kebanyakan handphone-nya di-install-in applikasi games. Mereka hobby banget maen game. Melihat behaviour mereka yanbg seperti ini, mungkin inilah awal dari applikasi mobile dan juga web via mobile. Saat ini saya belum menemukan games online populer dengan menggunakan hanphone, kenapa tidak ada yang mengembangkannya yah?

Raksasa dunia juga sudah mulai sadar. Belum lama ini Yahoo sudah mengembangkan Yahoo!Blueprint untuk pengembang applikasi mobile dan juga Google juga telah mengembangkan Google-gears (walaupun hanya untuk windows mobile). Jika ini terjadi, maka operator telekomunikasi harus benar-benar siap mengembangkan layanan data mereka karena akan menjadi sumber revenue baru yang menjanjikan.

6 thoughts on “Peluang Bisnis: Mengembangkan Applikasi Mobile Buat Anak-Anak

  1. Dian

    google gears buat mobile? google gears utk semua jenis aplikasi browser, semacam dia bikin database jd data dicache tanpa harus bolak balik akses server.
    mungkin aplikasi dr google yg khusus mobile itu android.

    aplikasi mobile utk anak2? gatau yah , msh aga pesimis, kenyataannya secanggih2nya teknologi yg ada skrg, plg buat sms-an, konvergensi teknologi pun seperti blackberry, akhirnya utk bertukar pesan saja

    Reply
  2. podelz

    maksud saya google gears itu skrg sudah support hp yg berbasis windows mobile.
    sy sk menyebut web sbg applikasi,melihat trennya saat ini dimana bnyk applikasi yg sdh dikembangkan berbasis web.
    android itu bukan applikasi tapi itu adalah operating syatem:)

    Reply
  3. dani

    ya, mungkin nantinya peramban (berbasis web) sudah dianggap ala desktop-nya sistem operasi, krn semuanya bs dikerjakan via antarmukanya peramban..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *