Pemilik UKM Butuh Training TIK

Minggu lalu saya berangkat ke Makassar untuk melakukan survey tentang UKM lokal. Sungguh benar-benar banyak memberikan inspirasi bagi saya.
Ada 4 orang responden yang saya temui. Bisnis mereka antara lain adalah toko kelontong, pedagang coto Makassar, pedagang perhiasan kupu-kupu dan pedagang syirup markisa. Penghasilan mereka pun tidak tanggung-tangung sekitar rata-rata Rp. 30 juta sampai Rp. 500 juta bisa mereka dapatkan.
Jika ditanya mengenai sejauh mana mereka menggunakan teknologi informasi & teknologi (TIK) untuk usaha mereka, jawaban mereka bervariasi. Ada yang sedikit menggunakan dengan pengetahuan seadanya dan juga ada yang tidak mengerti sama sekali.
Seadanya yang dimaksud adalah, mereka menggunakan TIK hanya sebatas kulit. Seperti misalnya internet dengan e-mailnya. Dengan bermodalkan e-mail ini mereka bisa berjualan barang dagangannya sampai ke luar negeri.
Melihat hal tersebut saya coba iseng-iseng menanyakan tentang online store kepada mereka. Pada prinsipnya merek sangat tertarik dengan hal itu, tetapi mereka bilang bahwa mereka bingung dan bagaimana cara belajarnya.
Selain internet, ada juga telpon. Ada salah satu responden yang setiap hari harus melakukan koordinasi dan melakukan telpon satu-satu kepada anak buahnya yang berada di cabang, bahkan sampai harus berkunjung ke cabang tersebut. Si pemilik ini bahkan tidak mengerti sama sekali bahwa ada teknologi yg bernama e-mail dan atau conference call. Ketika saya mencoba menjelaskan kedua hal tersebut, beliau sangat tertarik.
Dengan pengetahuan yang cukup sedikit ini mereka benar-benar bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan uang yang sangat banyak menurut saya. Dan ketika saya memberikan sedikit informasi yg saya tahu seperti di atas, mereka semua optimis bahwa mereka akan bisa meningkatkan omset mereka.
Nah sudah saatnya Depkominfo bekerjasama dengan Deperindag dan atau Departemen Koperasi & UKM untuk mensosialisasikan TIK kepada para pelaku usaha danjuga pemanfaatan secara optimal untuk mrndukung usaha tersebut.
Oh iya saya sempat foto hasil produk mereka:

5 thoughts on “Pemilik UKM Butuh Training TIK

  1. Laurentius Agustiyanto

    “Nah sudah saatnya Depkominfo bekerjasama dengan Deperindag dan atau Departemen Koperasi & UKM untuk mensosialisasikan TIK kepada para pelaku usaha danjuga pemanfaatan secara optimal untuk mrndukung usaha tersebut.” ==>
    hehehhe dell…diprospek training ketoke OK ya?? wis di prospek swasta aja gmn?

    Reply
  2. Terry

    Jenny / ‘Take a look at yourself so that you can look at others dil;frentey&#8230f…..’Love that song a lot and enjoyed the blog. Keep writing them and not so much of the ‘very old song’!!!! It wasn’t that long ago………….was it???

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *