Ponari contoh nyata Word of Mouth

Beberapa minggu belakangan ini kita dihebohkan oleh seorang dukun cilik sakti dari daerah Jombang yang bernama Ponari, seorang bocah kelas 3 SD bisa menyembuhkan segala macam penyakit hanya menggunakan sebuah batu yang konon critanya didapatkan oleh si anak pada waktu dia tersambar petir.

Puluhan ribu orang berduyun-duyun menemuinya tanpa dia perlu untuk membuat sebuah iklan. Yah disinilah wujud nyata dari Word of Mouth. Dimana kehebatan Ponari disampaikan melalui mulut ke mulut kepada calon pasiennya. Terlepas dari masalah sosial atau masalah exploitasi anak, si Ponari ini adalah sebuah brand yang sangat terkenal pada minggu-minggu ini (ada yang ngitung equity-nya ya gak? wakakak).

Menurut Berita di TV (Liputan 6 SCTV), pengasilan dari ketenaran Ponari ini bisa mencapai 500 juta. Jika memang benar ponari ini akan di komersialisasikan, maka penghasilannya pun akan bisa melebihi dari ini.

Apa yang dijanjikan oleh ponari ini kepada pasiennya adalah service pengobatan yang memuaskan (salah satunya adalah si pasien tidak dipaksakan membayar), sehingga para pasiennya secara tidak sadar menjadi marketer untuk si bocah sakti ini.

6 thoughts on “Ponari contoh nyata Word of Mouth

  1. Deddy Huang

    Ponari, masih dulurnya Mpok Nori ya? :p

    iMhO, scr rasio ntuh hal yang ‘gak wajar dan gak mungkin’ but apa yang gak mungkin dan gak wajar di dunia ini?

    diakui kalo dunia ini, kita nggak hidup sendiri, ada dunia lain/gaib. selebih dan sesudahnya ntuh tergantung kepercayaan masing-masing apa mau ditindak lanjutin.

    iMho, itu suatu persepsi seseorang *alasan basi ya?* kalo dia yakin dia akan sembuh.. maka dia akan sembuh… :p

    moso dari sebongkah batu trus di celupin ke dalam air *batunya gak tau steril gak?* langsung sembuh?

    di sisi lain, ‘pengobatan’ MpoNari neh katanya bisa raup ‘untung’ 60 juta dan secara langsung mengubah kondisi ekonomi keluarganya.. tapi menurut koran kota sini… ntar pihak berwajib akan memeriksa ibu-ya mengenai hal terkain.

    sekian laporan dari saya 😀

    Reply
  2. dani

    gemana kl batunya dicelupin ke semua sumber air di seluruh Indonesia ini, minimal PDAM lah 😆

    makin aneh, makin ajaib, makin bermanfaat bagi masyarakat luas, makin murah ➡ makin ngga perlu repot promosi??

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *