Telkomsel Flash vs IM2

telkomsel flash
1.00
im2
1.84

viz1

Telkomsel Flash dan IM2 adalah dua brand yang saling bersaing di Indonesia dalam hal penyedia layanan internet. Mereka bisa dikategorikan sebagai brand yang bersaing dikarenakan memiliki konsep yang sama yaitu ber-internet dengan mobile (dimana saja dan kapan saja). Banyak cerita negatif dan positif (dalam hal teknis) yang beredar di Internet ataupun koran-koran di Indonesia (surat pembaca) tentang kedua brand ini. Di sini saya tidak akan melihat tentang hal teknis tersebut tetapi saya akan mencoba melihat interest level dari kedua brand ini dengan menggunakan Google Trends.

Dalam Google Trends kita bisa melihat jumlah dari pencarian (dalam bentuk indeks), nah saya mencoba membandingkannya dengan menggunakan kata kunci “telkomsel flash” dan “im2” dan data yang ditampilkan adalah data 12 bulan ke belakang. Hasil grafik-nya seperti yang tertera di atas. Indeks jumlah pencarian saya artikan sebagai interest level. Hal ini berdasarkan pengalaman pribadi saya, jika saya mencari informasi tentang suatu produk di Google sebenarnya tertarik pada produk tersebut.

Dari grafik di atas terlihat bahwa Telkomsel Flash, di awal tahun 2008 memiliki interest level yang lebih rendah dibandingkan dengan IM2, indeksnya tidak sampai satu. Hal ini wajar karena Indosat telah meluncurkan terlebih dahulu IM2, dengan demikian masyarakat luas lebih dulu tau IM2 dibanding dengan Telkomsel Flash. Namun Telkomsel berhasil meningkatkan interest level Telkomsel Flash menjadi lebih dari 1.0 dan setara dengan IM2 dengan meluncurkan Telkomsel Flash Unlimited.

Jika diliat dari interest level ini, pada masa inilah Telkomsel Flash benar-benar menjadi pesaing dari IM2. Melihat keberhasilan ini, IM2 sepertinya merasa gerah, mereka pun meng-copy dan memodifikasi sedikit dari Telkomsel Flash Unlimited ini dengan meluncurkan IM2 Broom Unlimited. Hasilnya pun tidak mengecewakan. IM2 berhasil meningkatkan interest level mereka dari lebih dari 1.0 sampai dengan lebih dari 3.0.

Apakah “perlombaan” ini akan terus berlanjut atau salah satu dari mereka sudah merasa cukup dengan interest level mereka saat ini?

18 thoughts on “Telkomsel Flash vs IM2

  1. nuri

    loe salah keyword
    IM2 adalah company (was) bukan brand produk internet 3.5G
    mestinya loe compare tuh Telkomsel vs IM2
    kalo produk yah Telkomsel Flash vs IM2 Broom misalnya atau IM2 Classic dll

    Reply
  2. podelz Post author

    @nuri & @ariawan:
    oh gitu… tapi itukan menurut pemikiran secara jelas, tapi di mataku aku menyebut IM2 itu adalah sebuah brand, makanya aku ngitungnya pake IM2, persepsi orang tentang IM2 kalau ditanya (berdasarkan pengalamanku bertanya kepada teman) bukanlah perusahaan tetapi dia adalah provider internet, sama seperti flash, tapi setelah dijelas. Berdasarkan itulah aku memilih keyword Telkomsel Flash vs IM2 bukan Telkomsel vs IM2.
    Lagian kalau Telkomsel vs IM2 tidak bisa apple to apple bisnis utama mereka beda. Yang satu inet yang satu telpon :P.
    Memang nilai lebih dari IM2 adalah kata kunci pencariannya sebagai company bukan brand.

    Reply
  3. podelz Post author

    yah setuju… emang bener di plintir, tapi yang memelintir itu bukan saya, tapi persepsi, yang tak liat IM2 selalu beriklan IM2nya yang ditonjolkan, jadi seolah-olah itu brand.

    Reply
  4. ichanx

    sepakat ama nuri… lawannya beda kelompok… kalo mo apple to apple, ya buat telkomsel flash vs im2 broom… soalnya dalam hal keyword, telkomsel flash bakal kebagi antara “telkomsel flash”, “telkomsel”, dan “flash”… 😛

    Reply
  5. toso

    emang temenmu brapa bnyak del.
    kok berani-beraninya menjadikan pengalaman tanya ke temenmu sebagai referensi?

    sembarangan…

    hahahahah

    Reply
  6. podelz

    @ichanx:yups memang secara apple to apple product gitu,tapi kalo persepsi?

    @toso:yah memang tmn saya mgkn tdk sebanyak teman anda, saya cuma berbagi pengalaman dgn teman2 dan berdiskusi.disini sy tdk blg ada yg benar dn salah.smua benar dan msg2 pny sudut pandang.:)
    sembarangan gimana maksud anda?bs dijelasin gak?setau sy dlm crm,customer harus diliat one by one bukan generalisasi.disini mgkn sy menyampaikan pendapat teman sy yg blm mampir disini.

    Reply
  7. Deddy Huang

    Untuk masalah persepsi, saya setuju. Mungkin persepsi suatu brand. Pengalaman saya waktu itu ikut kuis dari Indosat, dengan pertanyaan: Sebutkan produk-produk Indosat. Dan ternyata ada yang menjawab “Jagoan”, padahal yang benarnya IM3, Mentari, Matrix, dan Starone. Jadi.. mungkin maksud Podelz kayak gitu ya?

    Ambil persepsi yang sering didengar.

    Contoh lain ya, masih ada juga orang nyebutin CDMA itu sebagai “Telkom Flexi”, jadi pas ditanya: ada flexi gak? (baca: Ada CDMA gak?)

    Nah, mungkin IM2 disini yang namanya lebih ditonjolin pas iklan.

    Hwhwhwhwhwhw….

    Reply
  8. dani

    kl persepsi sih kayaknya ngga salah

    im2 broom itu prabayar kan
    telkomsel flash itu tgt kartunya ya

    jd “telkomsel flash” vs “im2 broom” kayaknya ngga apple to apple jg..im2 paskabayar (non broom classic & unlimited) gemana dong.. 🙂

    toh google trends blg sesuai dgn kondisi yg tjd di lapangan spt dijelaskan di atas

    Reply
  9. cipul

    gabung ya kk
    ah kalo saya si gk ngerti de gitu2 an.. keke.. saya pake telkom flash si uda lemot banget sekarang, yang saya rasain… uda saya tinggal tu telkom flash.. huf.. abisin duit saya de.

    Reply
  10. podelz

    @cipul: boleh kok gabung…btw itu bukan telkom flash, tapi telkomsel flash :). Saya pake masih kenceng-kenceng aja tuch, dirimu di daerah mana yah?
    @e90: wah anda beruntung karena ada beberapa teman yang merasakan lemotnya si IM2 ini…

    Reply
  11. bb8310

    ^^
    saya brati termasuk yg beruntung karna g pernah merasakn lemotny im2 mkny saya pertahan kan im2 saya heehhe

    Reply
  12. mybabejave

    saya seh pake produk isat bae2 aj.
    blum pernah pake im2. tapi pernah pake n sampe sekarang masi ad yg pake 3.5g, matrix sama im3.
    bae2 aja koq..
    y kadang2 mang suka lemot..
    tapi kl ditelusurin lagi.. inet mana seh yg jalannya mulus2 saja?
    apa lagi di indo.. hal lumrah..
    tapi so far gw puas pake produk isat. karena gw dah pernah pake produk telkomsel n xl juga.
    itu pandangan saya.. mungkin yg lain ada yang sama atau yg berbeda dengan saya? 😀

    Reply
  13. misel

    hah? tflash lancar? gk salah tu mas? uda kuotany waktu itu diturunin seenaknya lagi.. apa2 an tuu.. speed dkurangin jg.. ckckck

    Reply
  14. jabrig

    gue kasih penghargaan buat layanan internet T-flash unlimited menjadi Telkomhell flash unlemoted….parah koneksi lemot lambat bulan pertama kenceng lancar bulan kedua ……….l………………e……………..m…………..o……….t…padahal gue tinggal dbandung sinyal fuull bar…jaringn 3g

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *