Telpon & SMS, Tinggal Tunggu Waktu!

Basic services dunia telekomunikasi saat ini ada 2 yaitu telpon dan SMS. Namun belakangan ini internet sudah mulai di lirik untuk menjadi salah satu basic services.
Perkembangan internet telah mengubah segalanya, termasuk di bagian telekomununikasi. Banyak orang telah memprediksi bahwa SMS akan tergantikan dengan instant messeging. Lihat saja sekarang blackberry menjamur di Indonesia. Dengan mengandalkan jaringan internet yg spesial yang lebih reliable, blackberry berhasil mengubah SMS menjadi instant messeging. Mereka sukses dengan Blackberry Messenger (BBM) mereka.
Kenapa saya bisa bilang sukses. Dari pengamatan saya ke banyak teman (cuma saya yang gak pake Blackberry sekarang:( ) mereka benar-benar membuat BBM sebagai pengganti SMS. Misalnya jika saya & teman-teman mau pergi dan menunggu salah satu teman lainnya, jika dulu kita selalu bilang ‘sudah di SMS belum?’, sekarang berganti dengan ‘sudah di BB belum?’
Selain SMS telpon juga akan berubah menjadi telon berdasarkan internet atau sering disebut VoIP. Mungkin kita pernah mendengar VoIP Merdeka atau juga skype, dengan menggunakan itu kita dapat melakukan voice chat yang kurang lebih rasanya seperti menelpon.
Nah untuk telpon ini, selama layanan internet masih tidak stabil dan skema tarif yang masih mahal, layanan VoIP ini akan sulit untuk berlembang. Jikq benar telpon & SMS ini semuanya sudah running under internet, seharusnya harganya juga akan jauh lebih murah.

*tulisan ini tadinya mau diupload lewat handphone, tapi ternyata handphone canggih ini masih ada limitasinya juga*

12 thoughts on “Telpon & SMS, Tinggal Tunggu Waktu!

  1. Wahyu

    Yapz… Itulah teknologi… Selalu berbau trend, komersialitas, keuntungan, gengsi bahkan harga diri. Habis-habisan dibilang canggih, tapi masih ada aja kurangnya…

    Reply
  2. huang

    Emang bagus untuk top of mind SMS dengan BBM, tapi dengan adanya ini justru menimbulkan kecemburuan sosial, enggak semua orang punya BB, beberapa orang ada yang enggak punya ekonomi yang cukup untuk beli BB, Iphone, dan sejenisnya yang harga bertaraf 5jt ke atas.

    contoh, ada siswaku: sewaktu aku tanya buat apa dia bb, dia cuma bilang buat FB-an doang sama YM. Bayangin aja cuma buat dua fungsi Java itu harus bayar dg harga mahal..

    soge… kwkwkwkwk……….

    tapi kalo emang mampu buat beli yaa sah-sah sajaa.. hihihi………….

    btw, apa kabar bang podelzz 😀

    Reply
    1. kfz versicherung bmw x5

      Coolness. I think I’ll take up the subject of recorders with my recorder-playing relatives (my mother and several aunts and uncles).I wish I lived in New Orleans too! Except the humidity would probably undo me after a while. I’v never been there, but it sounds like a fascinating city.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *