Ubuntu 9.10 (Kermic Koala) on Compaq V3908

Ubuntu Logo

Kemarin hari Jumat (10/30/2009), saya langsung mengupgrade Ubuntu Saya menjadi versi 9.10 (Kermic Koala). Proses upgrade yang saya lakukan adalah sebagai berikut:

Tekan alt+F2 trus ketik “update-manager -d” tanpa tanda petik, lalu akan keluar tombol upgrade.

Ada yang agak sedikit aneh pada waktu saya mengupgrade tersebut, pada waktu saya arahkan ke repo local untuk update software-nya ubuntu, process untuk memulai upgrade sangat lama, tapi pada saat saya matikan, proses berjalan sangat cepat. Ah lupakan saja, yang penting saya bisa langsung pakai.

Sejauh yang saya pakai, Kermic Koala blm pernah crash, tapi ada salah satu fungsi pada laptop saya yang tidak jalan yaitu pengaturan brightness (Fn+F8/Fn+F9). Yah jadilah saya mengatur hal tersebut secara manual. Mungkin bisa disetting manual supaya pengaturan brightness ini bisa berjalan seperti sedia kala, tapi blm saya lakukan. 😛

Ada juga hal yg berbeda pada Kermic Koala dibanding dengan versi sebelumnya. Pada amarok (music player), volume untuk player ini berbeda dengan volume system, jadi ketika saya membesarkan volume system, itu hanya di level system ubuntu saja dan tidak ter-integrated dengan amaroknya. Tapi hal ini ada manfaatnya juga untuk “menjebolkan” speaker. Karena volumenya menjadi 2 kali lipat (volume system + volume amarok).

Yak itulah pesan-pesan yang bisa saya sapaikan setelah saya meng-upgrade ubuntu menjadi versi Kermic Koala dan pesan-pesan itu terjadi sebelum saya melakukan perubahan pada ubuntu ini (default).

sumber gambar: http://www.tuxdvds.com/media/catalog/category/UbuntuLogo.png

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *